Senin, 02 Maret 2009

Beautiful Stranger

Judul : Beautiful Stranger
Penulis : Hope Donahue
Genre : Kisah Nyata
Terbitan : Gramedia tahun 2005
Tentang : Obsesi seorang remaja untuk tampil cantik dan sempurna melalui berbagai operasi plastik

Berkisah tentang si penulis sendiri, yang semasa remaja sempat tergila-gila, ter-"addicted" pada operasi plastik, agar merasa tampil cantik sempurna, untuk menutupi kemampuannnya yang pas-pasan di segala bidang lainnya.
Terlahir sebagai putri semata wayang dari keluarga kaya raya turun temurun di Los Angeles, AS, membuat Hope merasa kehidupannya kosong. Orang tua yang super sibuk dengan urusan masing-masing. Kekosongan dalam hati dan jiwa yang dirasakan karena sejak kecil selalu "sendirian", perlahan-lahan namun pasti terisi oleh obsesi-obsesinya ingin cantik dan sempurna, ingin menjadi orang yang "berarti" dan diperhitungkan sebagai "diri"nya. Semakin lama obsesinya semakin menyeretnya ke serangkaian "permak sana permak sini" yang tiada henti-hentinya.
Tak peduli rasa sakit dan penderitaan luar biasa yang dideritanya pasca setiap prosedur operasi yang dijalani. Tak peduli biaya yang telah dihabiskan selama tahun-tahun mengunjungi dokter-dokter untuk memuaskan obsesinya. Tak terhitung sudah operasi yang dijalaninya, hidung, bibir, hidung lagi, alis, tulang pipi, alis lagi, payudara, terus dan terus. Setiap sedang merasa gelisah, ada saja yang ia pikir harus di"permak" lagi.
Salah satu korban dari ketidakacuhan orang tua untuk menyadari kebutuhan dasar anaknya, kedekatan, pengakuan dan kasih sayang. Korban dari orang tua yang menganggap kelimpahan materi identik dengan bukti kasih sayang yang melimpah.

Jika pada akhirnya Hope berani bangkit kembali menjadi "diri"nya, termasuk berani mencabut implantasi silikon di payudaranya. Malang bagi si gadis Korea berikut ini, ia menjadi cacat seumur hidup juga karena "kegilaan"nya yang tak terkendali pada "permak" wajah.

Lain lagi kasus yang terjadi di Korea....

Di situs weirdasianews diberitakan tentang Hang Mioku, gadis korea yang sebenarnya cantik ini menjadi salah satu dari banyak korban operasi "permak" wajah ini.

Hang Mioku, yang menjalani operasi plastik pertamanya pada usia 28 tahun, adalah korban pecandu operasi plastik yang membiarkan obsesinya akan operasi plastik wajah menghancurkan hidupnya.

Setelah operasi plastiknya yang pertama, kecanduannya akan operasi plastik membawanya ke Jepang untuk menjalani operasi-operasi selanjutnya, yang kemudian menjadikan wajahnya melebar dan rusak. Akhirnya para ahli yang dikunjunginya memberitahunya untuk tidak lagi menjalani operasi dan menyarankan ia mencari bantuan untuk mengatasi kecanduannya itu.

Sekembalinya ke Korea, wajah Mioku sudah sedemikian rusaknya sehingga tidak ada lagi keluarga yang mengenalinya. Setelah mencari orang yang bersedia melakukan operasi untuknya, akhirnya Mioku menemukan seorang dokter Korea setempat yang lalu memberinya silokon, yang bisa ia suntikkan sendiri ke wajahnya. Mioku sudah sedemikian terobsesinya, sehingga ia bahkan menyuntikkan minyak goreng ke wajahnya jika sedang kehabisan silikon.

Belakangan, Mioku ditampilkan dalam TV show Korea akibat kecanduan dan kerusakan wajahnya. Banyak permirsa yang kemudian mengiriminya uang agar ia dapat menjalani operasi untuk mengurangi ukuran wajahnya.
Setelah melihat kesalahan fatal yang dibuatnya, Mioku hanya dapat berharap seandainya saja ia dapat memperoleh kembali wajahnya yang asli.

Saya hanya berharap siapapun yang membaca ini, dapat menjadikan ini pelajaran.
Sebenarnya, apa yang kurang dari yang sudah Allah berikan kepada kita manusia? Tidak ada dari kita manusia ini yang sempurna bukan? Bersyukurlah pada apapun yang Allah telah anugerahkan kepada kita. Alhamdulillah wa syukurillah....

0 komentar:

Posting Komentar