Selasa, 28 April 2009

Pertama kali Berjilbab

Saat terlintas keinginan menggunakan jilbab, tak perlu lagi berpikir panjang, ikuti panggilan hati dan putuskanlah untuk mulai menggunakannya lalu istiqomah. Percayalah, sebenarnya tidak ada waktu yang tepat untuk memutuskan kapan saat yang tepat untuk mulai mengenakan jilbab. Janji seperti, "aku akan berjilbab setelah menikah," "aku akan berjilbab pada 1 ramadhan atau 1 syawal tahun ini," "aku akan berjilbab pada hari jadiku tahun ini," "aku akan berjilbab setelah badanku agak kurusan," dan seterusnya, dan seterus,...hanya akan jadi janji tinggal janji jika tidak bertekad merealisasikannya.

Untuk yang berniat menggunakan jilbab, jangan mengkhawatirkan mode, kekurangan ide, komentar orang, dan lain sebagainya. Ingat, sebenarnya hal itu hanya ada di kepala kita, hanya ada di perasaan kita.

Saat ini banyak sekali pilihan jilbab dan pakaian yang trendy namun tetap syar'i, dengan harga terjangkau. Jangan khawatir harus mengeluarkan banyak budget berlebih, karena baju-baju lama anda tetap bisa digunakan, hanya tinggal menambahkan beberapa pelengkap misalnya syal, manset badan atau manset tangan.

Yang utama harus anda miliki adalah:
  1. Jilbab. Untuk awalnya, cukup koleksi warna-warna netral seperti: hitam, putih, krem, biru dan coklat. Jilbab polos bisa diperoleh di tanah abang dengan harga grosir 5 - 10 rb/pcs.
  2. Manset baju dan manset tangan. Cukup beli yang warna netral dulu, kalau bisa sewarna jilbab. Fungsinya agar blus yang berlengan pendek atau tanpa lengan bisa tetap digunakan.
  3. Asesoris jilbab, seperti ciput, karet, peniti, bros, dll
  4. Legging. Celana panjang ketat berbahan kaos, cukup beli warna hitam, krem dan putih dulu. Fungsinya untuk melengkapi pakaian yang panjangnya hingga dibawa lutut atau sebagai pelangkap abaya.
  5. Koleksi selendang atau pashmina bisa dikenakan sebagai jilbab dengan bantuan peniti dan bros.
Untuk awalnya jangan terlalu kaku bahwa berjilbab harus begini atau begitu. Selain harus menutupi aurat, syar'i dan tidak terlalu menonjolkan bentuk tubuh, terutama dan terpenting Anda harus merasa nyaman dengan penampilan baru Anda.

Jilbab ada 2 model, pendek (sebahu) dan panjang (hingga pinggang), tapi bisa dibagi 2 jenis:
  • Jilbab instan. Jilbab siap pakai, tinggal masukkan ke kepala...beres daaah. Sifatnya lebih nyantai, cocok untuk acara-acara non-formil juga pas untuk kegiatan sehari2. Orang yang praktis suka banget ama jilbab model ini.
  • Jilbab segiempat. Dari kain segiempat, polos atau dibordir atau disulam. Pakainya harus sabar, agak repot-repot dikit. Sifatnya lebih formil, bisa untuk kondangan bisa juga untuk ngantor. Orang yang modis dan selalu tampil perfect suka gaya jilbab yang satu ini.
Secara bertahap, Anda akan menemukan gaya dan ciri sendiri yang nyaman. Nah, Anda bisa mulai mengoleksi jilbab, baju dan perlengkapan lainnya yang tentu saja tetap disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi yang masih berpikir-pikir dan belum yakin untuk mengenakan jilbab.

0 komentar:

Posting Komentar